Jumat, 14 November 2014

Tentang Pahlawan


Pahlawan Era Modern 

Walaupun hari pahlawan sudah lewat beberapa hari yang lalu, namun itu tidak mengurangi semangat saya untuk memposting ini '-')9

Pahlawan dalam kamus bahasa Indonesia berarti, "orang yang menonjol keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran ; pejuang yang gagah berani".
Dari definisi diatas sih menurut saya jadi pahlawan itu tidak teramat susah. Dan sebenarnya setiap manusia pasti punya jiwa kepahlawanan.

Pahlawan dulu, identik dengan seseorang yang gagah, yang membawa senjata, yang berjuang dengan susah payah untuk merebut, mempertahankan atau memperjuangkan sesuatu yang ingin dicapai. 
Seperti contoh para pahlawan Indonesia jaman dahulu. Mereka benar-benar mempunyai niat murni untuk memperjuangkan tanah air. Karena pengorbanan dan jasa mereka lah Garuda Indonesia ini dapat berdiri dengan gagahnya hingga saat ini.

Lalu bagaimana Para Pahlawan di Era modern sekarang ini?

Menurut saya, para pahlawan di jaman sekarang mungkin tidak sehebat dan tidak memiliki sifat se heroik seperti pahlawan di masa lalu. Mengapa?

Itu karena era modern (akrab dengan Globalisasi) sekarang, manusia cenderung hidup individualistis dan apatis sama lingkungan sosialnya, sehingga sulit untuk ditemukan yang namanya "Pahlwan", walaupun mungkin masih ada di luar sana yang memiliki sifat heroik.
Padahal dari definisi Pahlawan tadi, menjadi pahlawan itu bukanlah hal yang sulit. 
Dari tindakan kecil yang bisa menolong atau mengorbankan sesuatu dalam kesulitan seseorang, itu juga bisa disebut pahlawan.
Tapi karena budaya masyarakat Indonesia tergerus oleh arus global, maka sulit untuk mencari pahlawan yang benar-benar tulus dan rela berkorban seperti para penjajah dulu.

Jadi, untuk menjadi pahlawan modern saat ini ataupun untuk melanjutkan jasa para pahlawan di masa lalu sebenarnya mudah. Memberikan peran dalam segala bidang untuk kemajuan Indonesia itu sudah tentu perlu dilakukan. 
Namun selain itu, kita juga harus bertanya kepad diri sendiri bagaimana kita bisa menjadi pahlawan? apakah kita sudah pernah menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri atau orang lain? Dan bisakah kita untuk meneruskan jasa pahlawan dan menanamkan nilai kepahlawanan dalam diri kita sendiri ataupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?

Itu semua ditentukan oleh kita, khususnya generasi muda. Ayo kita bersama-sama menjadi pahlawan dan meneruskan peran pahlawan untuk Indonesia tercinta dengan aksi yang nyata! ^^



26 komentar:

  1. ayoo semangat.. Jika belum bisa melakukan hal yang besar, mulailah dengan hal kecil dan sederhana yg bisa kita lakukan untuk Indonesia. Karena sesuatu yang kecil, jika dilakukan dgn rutin dan sungguh2 maka akan berdampak besar bagi Bangsa. Salam pemuda!

    BalasHapus
  2. Naah bener tuh kaaa! kan kalo bukan kita sbg generasi penerus bangsa mau siapa lagi? ^^
    makasih ya ka udah comment, maaf kalo postingannya masih jelek ^^ hihihi

    BalasHapus
  3. kita tetep bisa jadi pahlawan yang hebat kok seperti pahlawan kita yang terdahulu ^_^ cumaa bedanya itu kita ga bawa bawa tombak. perjuangan versi zaman sekarang itu kayak yang dirimu bilang "Memberikan peran dalam segala bidang untuk kemajuan Indonesia". yoooo kita terus semangat menjadi diri yang lebih baik supaya bangsa kita juga ikutan baik. hehehe... semangaaaaaaaaaat~

    BalasHapus
    Balasan
    1. naaaah bener kaa! perjuangan kita belom selesai! bukan di peran akademis/ non akademis aja, kita juga harus bisa membawa nasib bangsa Indonesia di era global ini ke arah yang positif dgn mempertahankan jati diri bangsa :) semangat kaaa ^^

      Hapus
  4. Ayo semangat! Teruskan perjuangan pahlawan zaman dulu!
    Eits jangan lupa juga berbakti sama orang tua kita yang juga merupakan superhero bagi kita ^^ Kalah deh spiderman , ultraman mah sama emak babe hihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohiya kaa, aku sampe lupa kan sama pahlawan yang selalu ada di setiap hari untuk kita (re: orang tua) :D kkkk~ karena pas posting tuh mikirin wajah bung karno mulu sih, jadi wajah emak babe ga terlintas XD hahaha
      makasih ya ka sarannya! semangat 45! ^^

      Hapus
  5. "Dari tindakan kecil yang bisa menolong atau mengorbankan sesuatu dalam kesulitan seseorang, itu juga bisa disebut pahlawan." Ini aku setuju

    Sedikit menambahkan, Menurut saya pribadi, pahlawan atau tidaknya seseorang tergantung dari sudut pandangnya siapa.

    kenapa ?

    contoh :
    Saat aku sekolah dulu, bagiku bang miniarta adalah pahlawan bagiku. karena aku akan kesulitan kalo bang miniartanya ga beroperasi. Yah walaupun ga tulus, karena minta ongkos *hehe* tapi kalo diliat dari sudut pandang abangnya " ongkos yang kita keluarkan" merupakan tindakan kepahlawanan bagi abangnya... karena tanpa ongkos kita, abangnya akan kesulitan deh mencari nafkah untuk keluarganya. Jadi kita yang bayar ongkos juga pahlawan loh buat abangnya.

    Jadi sebenernya dalam era globalisasi ini banyak juga kok pahlawan disekitar kita, yah walaupun ga harus berbuat yang besar, hehe

    oh iya dengan kita naik miniarta kita juga pahlawan loh buat orang lain pengguna jalan, karena kita mengurangi kemacetan hehe...

    terusin ya nulisnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya komennya :) ya bener seseorang bisa jadi pahlawan atau tidak tergantung dari sudut pandangnya. Memang banyak sebenernya pahlawan disekitar kita, cuma susah kalo dijaman sekarang nemu pahlawan yg hatinya tulus, kan sekarang mah jamannya modus *apa XD kkkk
      setuju juga deh sama miniarta nya! ^^

      Hapus
  6. Hi salam kenal aku Adel

    Aku setuju banget sama kamu asri... yuk semangat! Eh tapi guru itu kan dibilang pahlawan tanpa jasa, nah maksud tanpa jasa itu apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi adel! ^^ makasih ya komennya :D Menurut saya guru adalah seseorang yang mengajar anak didiknya dengan pengabdian dan ketulusan. Inilah mengapa guru selalu disebut dengan “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” karena yang dikatakan dengan pahlawan itu ialah yang melakukan segala sesuatu tanpa mengharap imbalan apa-apa.
      Ini juga merupakan konsep pendidikan di Indonesia yang menanamkan kepada setiap guru bahwa apa yang mereka lakukan adalah sebuah pengabdian untuk mencerdaskan insan bangsa :)

      Hapus
  7. Setuju bgt sama asri heheh :) menurut asrii niyy gimana caranyaa nenumbuhkan rasa kepahlawanan ke teman teman asri? Kan jaman sekarang susah tuh kata asri tadi, apalagii jaman sekarang susah nyari yg tulus, kalo ada imbalannya aja baru di tolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih des~
      Amal dan perbuatan, dijiwai dengan semangat bersedia untuk berkorban, menentukan nilai dan mutu kepahlawanan setiap orang.
      Jadi menurut saya untuk menumbuhkan rasa kepahlawanan setiap orang berbeda-beda tergantung dari sifat individu masing-masing.
      Salah satunya untuk menumbuhkan rasa kepahlawanan itu kita harus menanamkan sifat keberanian, kejujuran, dan keikhlasan dalam diri kita sendiri. Dan juga, dengan selalu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita pastinya akan bisa menanamkan rasa kepahlawanan itu di diri kita.

      Hapus
  8. Widih bagusss. Mendidik postingannya heeeheheeee;;)

    BalasHapus
  9. widiih keren dah postingan blog lu kali ini sri haha. kayak lagu #mariah carey - the hero lies in you haha

    BalasHapus
  10. Wuiiiihhhh setuju deh sama kamu wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. Nuuunaaa~ bener bener aja nih? XD YC nuna, makasih ya komennya ^^ hihihhi

      Hapus
  12. Asri kereeeeennnnn
    Nulis lg yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini siapa yaa? :D
      Iya makasih yaa, tulisannya masih abstrak loh padahal XD
      semoga postingannya berguna ya :)

      Hapus
  13. Asri ini bu jabat...
    Setujuuuu bgt sama postingannya...sngat bermanfaat bagi para pembaca'a :)

    Salam Hari Pahlawan...Merdeka!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bu jabaaaaattt~ makasih yaaa :D ayo generasi muda kita teruskan jasa pahlawan bangsa! ^^ merdeka! kkkkk

      Hapus