Sabtu, 05 Mei 2018

SONG ANALYSIS (DEMI LOVATO - GIVE YOUR HEART A BREAK)

GIVE YOUR HEART A BREAK (Lyrics)
By : Demi Lovato


[Verse 1]
The day I first met you 
You told me you'd never fall in love 
But now that I get you 
I know fear is what it really was 

Now here we are, So close yet so far 
Haven't I passed the test 
When will you realize 
Baby, I'm not like the rest 

[CHORUS]
Don't wanna break your heart, Wanna give your heart a break 
I know you're scared it's wrong, Like you might make a mistake 
There's just one life to live, And there's no time to wait to waste 
So let me give your heart a break, Give your heart a break 
Let me give your heart a break,  your heart a break Oh yeah, yeah 

[Verse 2]
On Sunday you went home alone 
There were tears in your eyes 
I called your cell phone, my love 
But you did not reply 

The world is ours if you want it 
We can take it if you just take my hand 
There's no turning back now 
Baby, try to understand 

[BACK TO CHORUS]

[Bridge] There's just so much you can take 
Give your heart a break 
Let me give your heart a break,  
Your heart a break oh yeah, yeah

[Hook]
When your lips are on my lips, And our hearts beat as one 
But you slip out of my fingertips, Every time you run  

[BACK TO CHORUS]


[Bridge]
'Cause you've been hurt before, I can see it in your eyes 
You try to smile it away, Some things you can't disguise 
Don't wanna break your heart, Baby, I can ease the ache, the ache 
So let me give your heart a break, Give your heart a break 
Let me give your heart a break, your heart a break 
There's just so much you can take 
Give your heart a break 
Let me give your heart a break,  your heart a break 

[Outro]
The day I first met you 
You told me you'd never fall in love 




ANALISA LAGU

 


GIVE YOUR HEART A BREAK


Single by Demi Lovato
From the album Unbroken
Writer(s) by Josh Alexander, Billy Steinberg
Released on January 23, 2012
Pop Genre
Label Hollywood Records, Inc
 



Lagu ini sangat manis. Saya memilih lagu ini karena memiliki susunan musik yang indah dan itu memberi saya perasaan menyenangkan yang memenuhi jiwa dan pikiran saya. Liriknya sederhana namun sangat menyentuh. Meskipun dalam judulnya “Give Your Heart a Break” ada permainan kata patah hati “heartbreak”, namun lagu ini bercerita tentang cara memperlihatkan kepada seseorang yang kita cintai, kalau kita adalah orang yang tepat untuk mereka. Kita meyakinkan orang itu bahwa kita tidak akan pernah mematahkan hatinya dan memberi jarak agar luka orang yang kita cintai tidak akan pernah terkuak lagi. Sehingga topic of the song atau topik dalam lagu ini adalah  mengenai kepercayaan.  

Pada paragraf pertama (verse 1), bercerita tentang tokoh I yang pertama kali bertemu dengan tokoh You, I ragu bahwa You tidak akan mendekati I, sehingga I harus mendekati You terlebih dahulu. Dari obrolan awal mereka, I berfikir bahwa sepertinya tokoh You adalah orang yang “anti cinta”, tak tertarik untuk jatuh cinta, dan tidak suka membahasnya, hal itu bisa dibuktikan dalam bait kedua, “You told me you'd never fall in love”. Namun itu dulu. Sekarang You sudah menjadi milik I. Tetapi, You kembali lagi ke masa dulu, saat You merasa ketakutan setelah memiliki seseorang. I mengetahui bahwa You memiliki sebuah ketakutan, yang dibuktikan pada bait keempat “I know fear is what it really was”, dan ketakutan itu adalah ketakutan akan ditinggalkan.  Tokoh I memang harus menghadapi tokoh You yang seperti itu. I harus memiliki tingkat pemakluman yang tinggi agar I tidak emosi saat You mulai posesif kepada I. Mereka berdua sangat dekat, tapi I seolah tak mampu membaca pikiran You, hal itu bisa dilihat dalam bait kelilma “Now here we are, So close yet so far”. Entah sampai kapan You akan sadar dan tahu, bahwa I bukanlah seperti mereka, para mantan kekasih You. I berbeda dengan perempuan yang lain dan tidak akan ada bisa yang menyamainya.  I tak akan pernah tega untuk meninggalkan You. Apalagi setelah I mengetahui bahwa You sebenarnya adalah orang yang rapuh. Dan I terus menunggu hal itu, agar You percaya pada I, hal ini dibuktikan pada bait ketujuh dan kedelapan “When will you realize? Baby I'm not like the rest”.  

Lalu pada paragraf kedua (chorus,) menyatakan tentang tokoh I yang ingin tokoh You merasa nyaman bersamanya. I meyakini You bahwa dia tak akan pernah melukai You, dan I akan memberikan ketentraman hati kepada You, hal ini dibuktikan pada bait pertama dan kedua “Don’t wanna break your heart, Wanna give your heart a break”. I meminta agar You nyaman hidup bersama I, karena seluruh hidup I hanya untuk You. I meminta agar You melupakan segala ketakutan akan kehilangan dan jangan berpikir seperti You akan melakukan sebuah kesalahan seperti masa lalunya, hal itu dijelaskan pada bait keempat dan kelima “I know you’re scared it’s wrong, Like You might make a mistake”. Karena hidup ini hanya sekali dan tidak ada waktu untuk menunggu dan membuang-buang waktu, jadi You harus memahami bahwa bersama I, berarti saatnya berbahagia. 

Kemudian pada paragraf ketiga (verse 2), bercerita tentang tokoh You yang masih belum percaya kepada tokoh I. Dalam paragraf ketiga ini juga terdapat unsur intrinsik waktu, yang dibuktikan pada bait pertama “On Sunday, you went home, alone” hari itu hari minggu, hari kencan mereka seperti biasanya. Namun entah mengapa mereka bertengkar. Walaupun hanya masalah ringan, tetapi You berderai-derai seolah menuntut I, dan You pulang sendirian meninggalkan I. I mencoba menelepon You berkali-kali, namun tidak diangkat sama sekali. I sangat menyesal dan memohon maaf, bukan maksud I untuk melukai You. Seandainya You tahu, bahwa dunia ini bisa dia miliki, berdua, bersama dengan I, hanya untuk mereka berdua jika You mau. Rengkuhlah tangan I, dan I akan membawa You menikmati dunia ini. I meminta agar You tidak ragu lagi kepadanya. I adalah milik You, You adalah milik I. Tak ada jalan untuk kembali, tak ada kemungkinan untuk berpisah, hal itu dibuktikan pada bait ketujuh “There’s no turning back now”. I memohon You agar mencoba mengerti semua ini, maka jika itu terjadi You akan berbahagia bersama I. 

Dan pada paragraf keempat (bridge), menjelaskan bahwa tokoh You pasti akan mendapatkan banyak kebahagiaan yang dibuktikan pada bait pertama, “There just so much you can take”.  You akan mendapatkan kebahagiaan jika dia mau mengistirahatkan hatinya, membiarkan tentram, terlepas dari segala ketakutan akan ditinggalkan, dan mempercayakan semuanya kepada tokoh I. Jangan khawatir, karena You akan baik-baik saja bersama I.

 Kemudian pada paragraf kelima (hook), bercerita tentang kenangan saat tokoh You menyentuh bibir tokoh I, dan detak jantung mereka menyatu, maka saat itulah mereka saling memiliki. Sayangnya, You melepaskan pegangan tangannya dari I. You tak ingin I menggenggamnya, karena You selalu berlari setiap kali menghadapi kenyataan, hal ini dibuktikan dalam bait kedua “But you slip out of my finger tips, everytime you run”. Dalam hook ini bisa dipahami juga bahwa mereka berdua sangat saling mencintai, namun karena ketakutan You akan trauma akan masa lalunya, jadi You memiliki rasa keragu-raguan terhadap I dan You selalu berlari menghadapi kenyataan, kebenaran, dan menepis rasa keyakinan yang I berikan kepada You.  

Selanjutnya pada paragraf keenam (bridge), bercerita tentang tokoh I tahu bahwa tokoh You pernah terluka. I bisa melihat hal itu dari raut wajah You. “You try to smile it away, Some things you can't disguise” dalam bait tersebut bisa dipahami bahwa meski You tak pernah bercerita, meski You berusaha menutupinya, tapi ketahuilah bahwa ada hal-hal yang tidak mungkin You sembunyikan sepenuhnya. Dan pada bait “Don't wanna break your heart, Baby, I can ease the ache, the ache” menjelaskan bahwa I tidak akan pernah melukai You dengan sengaja. I akan mencoba menghalau, meredakan, dan menyembuhkan sedikit demi sedikit rasa sakit You, rasa sakit yang ditinggalkan masa lalu. Itu semua bisa dilakukan jika You mau membuka hatinya untuk I dan mengistirahatkannya sejenak agar terbebas dari segala ketakutan dan kedukaan. 

Dan yang terakhir, pada paragraf (outro), akhirnya You mulai percaya kepada I. Dengan cinta I yang selalu berusaha meyakini You, You merasa sangat berbahagia bersama I. I juga tahu I akan mampu mebahagiakan You, sejak pertama kali mereka berjumpa. Sejak I berjuma dengan You, dan You bilang bahwa You tak kan pernah jatuh cinta. Namun kenyataannya sekarang You sangat jatuh cinta pada I dan merasa beruntung bisa memiliki seseorang seperti I yang tidak akan melukai hatinya. 

 
 Mood
Mood dalam lagu ini adalah ;
Frightened,
terlihat dari lirik “You told me you'd never fall in love”; “I know you're scared it's wrong, Like you might make a mistake” ; “But you slip out of my fingertips, Every time you run”
Confused,
terlihat dari lirik “Now here we are so close yet so far, Haven’t I passed the test?”
Hopeful,
terlihat dari lirik “When will you realize, Baby, I’m not like the rest” ; “Baby, try to understand”
Sad (Brokenhearted, Hurt),
terlihat dari lirik “On Sunday you went home alone, There were tears in your eyes” ; “'Cause you've been hurt before, I can see it in your eyes”
Sincere & Convinced,
terlihat dari lirik “Don't wanna break your heart, Wanna give your heart a break” ; “The world is ours if you want it, We can take it if you just take my hand” ; “Don't wanna break your heart, Baby, I can ease the ache, the ache”

Character Analysis
Tokoh I  Tokoh I adalah seseorang yang tidak mudah menyerah, optimis, dan penuh percaya diri. I berjuang penuh untuk berusaha meyakinkan You agar mau mempercayakan hatinya kepada I. Karakter tersebut bisa dilihat pada bait, “Don't wanna break your heart, Baby, I can ease the ache, the ache”  Tokoh You Tokoh You adalah seseorang yang memiliki sifat pesimis, penuh keragu-raguan, dan keras kepala. You memiliki trauma akan percintaan, dan You merasa takut akan kehilangan. Sehingga hal itu menyebabkan You tidak memberikan kepercayaan penuh kepada I. karakter ini bisa dilihat pada bait, “You told me you'd never fall in love” dan karakter You juga memiliki sifat tidak bertanggung jawab, karena dia selalu lari dari masalah yang dihadapinya, hal itu dibuktikan pada bait, “But you slip out of my fingertips, Every time you run” 


Grammar Analysis
Grammar yang dipakai dalam lagu ini relatif menggunakan Past Tense, hal ini bisa dilihat pada bait ““The day I first met you, you told me you’d never fall in love”, “On Sunday you went home alone, There were tears in your eyes” , “I called your cellphone, My love, but you did not reply” mengapa menggunakan Simple Past Tense karena tokoh I mencoba menceritakan kembali kejadian lampau tentang kenangan bersama You.  Disamping Past Tense terdapat pula Simple Perfect Tense, dan Perfect Progressive Tense hal itu bisa dibuktikan pada bait, Haven't I passed the test” dan“'Cause you've been hurt before”. Dan sisanya adalah menggunakan Simple Present Tense karena mengungkapkan fakta umum yang sering terjadi. 

 
Amanat
Lagu ini bercerita tentang seseorang yang kita cintai terlalu takut untuk memberikan kesempatan kepada orang lain, karena apa yang telah terjadi di kisah cinta dia yang sebelumnya. Tetapi yang sudah terjadi biarlah terjadi. Seharusnya kita harus bisa memberi kesempatan kepada orang lain dan memulai untuk jatuh cinta lagi. Ketika kita menemukan seseorang yang ternyata sangat peduli kepada kita, dan mencintai kita apa adanya, maka terimalah dia. Jangan terlalu menutup diri kita. Belajarlah untuk mempercayai seseorang. Siapa tahu dia adalah yang terbaik untuk kita? Apakah dia atau bukan dia, kita tidak boleh membiarkan masa lalu kita mempengaruhi pandangan kita terhadapnya. Itu hanya akan menghambat hubungan. Kita pantas untuk mendapat yang lebih baik. Biarkan semuanya terjadi secara alami. Karena hidup hanya sekali dan jangan sia-siakan waktu.
 



“There's just one life to live, And there's no time to wait to waste”

 

1 komentar: